PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

BSIP BABEL HADIR DALAM KEGIATAN EVALUASI DAN KONSOLIADI PENGELOLAAN SERTA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK




Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik, BSIP Bangka Belitung berpartisipasi dalam kegiatan evaluasi dan konsolidasi pengelolaan serta pelayanan informasi publik yang diadakan oleh BSIP pada 21-22 Mei 2024 di Yogyakarta.

 
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Dr. Kuntoro Boga Andri, serta dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Komunikasi, Imam Wahyudi; Sekretaris Badan BSIP, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA; Dewan Pers, Totok Suryanto; Staf Ahli Komisi Informasi Pusat; Pemimpin Redaksi MNC Group, Yadi Hendriana; Kepala BSIP Yogyakarta, Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si; Ketua Kelompok Pengelolaan Informasi Publik, Wahyu Indarto, S. Sos, M.AP; serta tim kerja dan 80 peserta dari 64 UK/UPT lingkup BSIP.
 
Dalam sambutannya, Imam menyatakan, “Saat ini adalah golden time, waktu yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan prestasi guna mengembalikan citra Kementerian Pertanian.”
 
Kegiatan evaluasi dan konsolidasi ini bertujuan untuk memperkuat kehumasan BSIP, menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh publik, meminimalisir berita negatif, serta mencegah kepanikan akibat isu-isu pertanian di masyarakat.
 
Selama kegiatan, disampaikan berbagai materi, termasuk standar Pengelolaan Informasi Publik oleh Muchril Azwar, S. Kom dari Kementerian Pertanian; Teknik Copywriting Media Sosial Instansi Pemerintah oleh Ikrob Didik dari TribunNews Jogja; dan Pengelolaan Informasi Publik Menuju Badan Publik yang Informatif oleh Tya Tirtasari dari Komisi Informasi Pusat. Selain itu, dibahas juga kebijakan Pengelolaan Informasi Publik oleh Dr. Kuntoro Boga Andri, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian; hubungan media dan badan publik oleh Pemimpin Redaksi MNC Group; manajemen krisis pemberitaan oleh Totok Suryanto dari Dewan Pers; serta teknik pengambilan gambar berkualitas untuk konten media sosial oleh Alisyam, fotografer dan videografer profesional.