PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

OPTIMISME TARGET PERLUASAN AREAL TANAM, KEPALA BSIP TINJAU LANGSUNG OPLAH DAN POMPANISASI DI BANGKA BARAT




 Kepala BSIP, Prof. Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si didampingi Kepala BSIP Babel, Kasubbag Tata Usaha BBPSI Biogen, Kabid PSP Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel, dan staf terkait meninjau secara langsung areal pertanaman kegiatan Opla dan Pompanisasi di Bangka Barat pada Rabu, 5 Juni 2024.

 
Penelusuran areal pertanaman dimulai dari wilayah Kecamatan Kelapa lalu melewati Kec. Tempilang hingga sampai di areal hamparan sawah ratusan hektar. Total kegiatan oplah di Desa Buyan Kelumbi seluas 205 ha terdapat di dua dusun yaitu Dusun Buyan dengan luasan 100 ha dengan kondisi 70 ha sudah tertanam, dan 105 ha di Dusun Kelumbi. 
 
Peninjauan areal tanam dilakukan untuk memantau progres pelaksanaan kegiatan Opla dan Pompanisasi serta menentukan langkah tindak lanjut untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian target Perluasan Areal Tanam (PAT) di Bangka Belitung. Ketua Gapoktan dan Ketua Poktan juga dibekali arahan dan motivasi agar dapat menggerakkan anggota tim tani-nya untuk lebih produktif dan menyadari betapa penting geliat produksi padi untuk menopang kebutuhan pangan di Indonesia.