PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

PPID Utama

OPTIMALKAN LAHAN EKS TAMBANG TIMAH DENGAN SL-GAP PROLIGA CABAI MERAH KERITING DI KAB. BANGKA




 Salam Sehat #SIPren seluruh Indonesia. Produksi Lipat Ganda (Proliga) Cabai merupakan salah satu standar budidaya untuk memperoleh produktivitas cabai sebesar 20 ton/ha. Standar Budidaya ini secara masif diperkenalkan dan terus didesiminasikan dalam rangka mendukung pemerintah dalam swasembada cabai. 

 
Hari ini, Senin 10 Juni 2024, Feriadi, M.Si., menghadiri kegiatan Sekolah Lapang Good Agriculture Practice Proliga  Cabai, sebagai narasumber di Poktan Sugeng Makmur Desa Air Ruay Kab. Bangka. Kegiatan ini hadiri oleh 25 orang petani cabai dan dilaksanakan di lahan milik petani yang merupakan lahan eks tambang timah.
 
Lahan eks tambang timah yang cenderung berpasir menjadi tantangan bagi penerapan Teknologi Proliga Cabai Merah Keriting. Keterbatasan ini dapat ditanggulangi dengan pemakaian bahan organik yang baik dan cukup. Bahan organik yang berasal dari kotoran hewan sebanyak 20-30 ton/ha diharapkan dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah berpasir tersebut 
 
Untuk hasil yang optimal, petani harus menerapkam lima komponen penting standar budidaya cabai Proliga. Kelima komponen penting tersebut adalah sebagai berikut: (1). Menggunakan benih unggul dan bermutu; (2). Persemaian yang sehat; (3). Peningkatan populasi tanaman 29.000-30.000 tanaman/ha: (4). Pengelolaan tanah, hara, dan air; (5). Pengendalian Hama dan Penyakit secara terpadu. Diharapkan dengan penerapan lima komponen tersebut dengan baik dan benar, hasil produksi cabai dapat diperoleh secara maksimal hingga 20 Ton/ha.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mentok KM 4 Pangkalpinang 33134

Hubungi:

HP & WA: 083867684411
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset