PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

PPID Utama

Mendukung Budidaya Kelapa Sawit Berkelanjutan, Kepala BSIP Babel Hadiri Temu Lapang Aplikasi Eco Enzym dan Agens Hayati




 #SIPren, Selasa (09/07/2024) Kepala BSIP Babel bersama Bupati Bangka Tengah (Algafry Rahman, S.T., M.Pd), Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Bangka Tengah (Dr. Dian Akbarini, S.Si., M.Si) beserta perangkat Desa dan jajarannya menghadiri runtunan acara Temu Lapang Aplikasi Eco Enzym dan Agens Hayati di Kebun Sawit Bapak Muchtar, Desa Terentang III Kec. Koba, Bangka Tengah.

 
Bupati Bangka Tengah menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau menghimbau pekebun kelapa sawit agar selalu menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) dan Good Agricultural Practices (GAP) pada rangkaian proses budidaya, “Sektor perkebunan merupakan salah satu sektor andalan, apalagi saat ini harga jual Tandan Buah Segar (TBS) di pabrik pengolahan relatif naik, sehingga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian Bangka Tengah” tuturnya. 
 
Algafry Rahman juga menekankan bahwa saat ini budidaya terintegrasi antara sawit dengan tanaman pangan sedang menjadi tren budidaya yang efesien. Konsep yang sama didukung dengan program Kementerian Pertanian melalui Perluasan Areal Tanam  tumpang sisip padi gogo diantara kelapa sawit. Bukan hanya itu, pertanian terintegrasi ini juga dapat diterapkan pada komoditas perkebunan lainnya seperti karet maupun kopi, sehingga bukan hanya provitas tanaman perkebunan yang meningkat, akan tetapi kebutuhan pangan khususnya padi juga akan terpenuhi.
 
Temu Lapang Aplikasi Eco Enzym dan Agens Hayati dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi peningkatan produktivitas pertanian dengan  menurunkan penggunaan pupuk kimia secara berkelanjutan. Kegiatan ini juga dirangkai dengan acara penyerahan bantuan 10.000 benih sawit kepada 8 kelompoktani serta penyerahan saprodi secara simbolis yang merupakan bentuk nyata dukungan pemerintah kepada pekebun, diharapkan sektor perkebunan terus berkembang dan petani tetap optimis agar bisa mencapai produktivitas secara optimal.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mentok KM 4 Pangkalpinang 33134

Hubungi:

HP & WA: 083867684411
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset