PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kawal Kedaulatan Pangan, Kepala BSIP Babel hadiri Rapat Percepatan Tanam Kegiatan Optimasi Lahan Rawa di Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan




Sabtu, 20 Juli 2024 tim BSIP Babel menghadiri Rapat Percepatan Tanam Kegiatan Optimasi Lahan Rawa di Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Kep. Bangka Belitung. 

 
Rapat ini dalnm rangka percepatan target tanam di Kec. Pulau Besar, yang memili target tanam seluas 1.511 ha. Rapat dihadiri oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Kep. Bangka Belitung, Komandan Kodim 0432/Bangka Selatan, Kepala BPSIP Babel, Kepala BWS Bangka Belitung/yang mewakili, Kabid PSP Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Kep. Bangka Belitung, Kabid PSP Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Camat Pulau Besar, Kepala Desa Batu Betumpang, Ketua UPJA dan Gapoktan serta petani di Desa Batu Betumpang.
 
Rapat dibuka oleh Kadis PKP Prov. Babel (Edi Romdhoni, S.P., M.M), menginstruksi untuk melakukan percepatan tanam periode Juli-September. Kepala BSIP Babel (Dr. Agus Wahyana Anggara, S.Si., M.Si) menyampaikan bahwa BSIP Babel akan terus mendampingi, memantau, dan memonitoring percepatan realisasi target tanam. Dandim 0432/Bangka Selatan beserta jajarannya juga siap mendukung pelaksanaan lapang.
 
Dalam rapat ini, petani juga menyampaikan kendala yang dihadapi di lapang serta tindaklanjut yang akan dilakukan terkait permasalahan tersebut. Perangkat desa bersama dengan gapoktan dan petani akan menentukan jadwal tanam, pengaturan penggunaan alsintan dan pendukung lainnya sehingga target luasan tanam yang telah ditetapkan dapat tercapai. Semangat mendukung antisipasi darurat pangan.