PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

KOORDINASI KE STASIUN KLIMATOLOGI KOBA UNTUK MENINGKATKAN PAT OPLA, POMPANISASI, dan PADI GOGO BANGKA BELITUNG




#SIPren, (29/07/2024) tim dari BSIP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kordinasi dan konsultasi ke Stasiun Klimatologi BMKG di Koba, Bangka Tengah. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk berkoordinasi dan berkonsultasi terkait data iklim terbaru dan prediksi iklim periode Bulan Juli hingga Oktober 2024. Data tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam kegiatan perluasan areal tanam (PAT) padi melalui optimasi lahan, pompanisasi dan padi gogo serta persiapan penanaman perbenihan jagung komposit serta kegiatan lainnya yang berkaitan dengan sektor pertanian di provinsi Kep. Bangka Belitung.
 
Diskusi mengenai pembahasan data iklim, analisis prediksi cuaca, dan strategi mitigasi dampak iklim terhadap pertanian. Melalui diskusi dan penjelasan dari Kepala Balai dan staf Stasiun Klimatologi BMKG di Koba, Bangka Tengah, tim dari BSIP Babel mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pola cuaca yang diharapkan serta bagaimana data tersebut dapat diintegrasikan ke dalam perencanaan penanaman padai pada kegiatan PAT melalui optimasi lahan, pompanisasi dan padi gogo serta perbenihan jagung yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.
 
Di Kepulauan Bangka Belitung diperkirakan curah hujan 3 Bulan ke depan akan semakin menurun dan curah hujan diperkirakan akan meningkat kembali memasuki Bulan Oktober 2024. Curah hujan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman sehingga menjadi perhatian agar kegiatan penanaman padi pada kegiatan PAT dan perbenihan jagung yang akan segera dilaksanakan tidak mengalami kegagalan karena telah mempertimbangkan resiko yang akan terjadi. Kesadaran iklim perlu dibangun untuk mewujudkan ketahanan pangan yang lebih baik.