PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Membangun Sinergi Ketahanan Pangan, BSIP Hadiri Rapat Koordinasi Registrasi dan Sertifikasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Bangka Belitung




 Soll Marina, 14 Agustus 2024, BSIP Kepulauan Bangka Belitung menghadiri Rapat Koordinasi Registrasi dan Sertifikasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Bangka Belitung. Acara yang diselenggarakan kerjasama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung dan Badan Pangan Nasional. acara dihadiri oleh 26 orang peserta dari  berbagai instansi.

 
Acara koordinasi dibuka oleh Kepala Dinas dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung (Edi Ramdhoni). “Rakor ini dimaksudkan membangun sinergitas antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam peningkatan pelayanan perijinan pangan segar asal tumbuhan (PSAT). Kegiatan sertifikasi dan registrasi keamanan pangan segar sendiri dinilai penting untuk melindungi Konsumen” ujarnya dalam pembukaan.
 
Rakor ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu Badan Pangan Nasional, Universitas Bangka Belitung dan Dinas Penanaman Modall dan PTSP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adapun materi yang menyampaikan 1). Registrasi PSAT sesuai dengan Permentan No. 15 Tahun 2021, 2). Pentingnya penerapan penanagan yang baik pada pelaku atau unit usaha PSAT, 3), Mekanisme pelaksanaan perizinan PSAT melalui OSS.