PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

TINGKATKAN PENERAPAN STANDAR HORTIKULTURA, BSIP BABEL MENJADI NARASUMBER SEKOLAH LAPANG GOOD AGRICULTURE PRATICES (SL-GAP) DI DANAU NUJAU KAB. BELITUNG TIMUR




 Kegiatan SL-GAP Proliga cabai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih terus berlanjut, pada 13 dan 14 Agustus 2024. Berlokasi di Danau Nujau Kabupaten Belitung Timur (pertemuan ke-3) dan di Desa Buluh Tumbang, Kecamatan Perawas Kabupaten Belitung (pertemuan ke-4).

 
Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel, Dinas Pertanian Kabupaten, Penyuluh dan petani yang tergabung di kelompok tani. Bertindak selaku narasumber Dr. Mamik Sarwendah menyampaikan topik seputar penanaman cabai Proliga, pengelolaan tanah, hara, dan air serta pengendalian HPT secara terpadu.
 
Lahan di Danau Nujau memiliki struktur tanah berpasir dengan pH tanah cenderung sangat masam. Untuk itu perbaikan struktur tanah salah satu Komponen Proliga Cabai adalah penggunaan pupuk kandang atau kompos sebanyak 20-30 ton per hektarnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 2 ton/ha. 
 
Dalam prinsip-prinsip pengendalian HPT secara terpadu terdapat pengendalian secara kimiawi yang diterapkan sesuai ambang batas ekonomi. Penggunaan pestisida (kimiawi) harus memperhatikan prinsip-prinsip yang baik yang sering disebut dengan prinsip 6T yaitu
tepat jenis, tepat sasaran, tepat dosis,  tepat cara, tepat waktu, dan tepat mutu.