PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

BSIP Bangka Belitung Hadiri Penanaman Bersama Bawang Merah, Peresmian Kelekak Pelawan dan Panen Madu di Kebun KElekak Pelawan Desa Namang




Namang, 5 September 2024, BSIP Kepulauan Bangka Belitung menghadiri Penanaman Bersama Bawang Merah, Peresmian Kelekak Pelawan dan Panen Madu di Kebun Klekak Pelawan Desa Namang. Acara ini  diselenggarakan dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Bangka Belitung. 
 
Beni Okta (Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Bangka Belitung), menyampaikan bahwa bawang merah adalah sumber inflasi di Bangka Belitung. Penanaman bawang merah pada hari ini adalah salah satu cara untuk pengendalian inflasi pangan di Bangka Belitung. "Kami mengajak  bapak dan ibu agar bersinergi mewujudkan perekonomian yang berkesinambungan". Ujarnya.
 
Mulyono (perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup) menyampaikan penanaman bawang merah hari ini adalah kegiatan aksi adaptasi dan mitigasi dalam menghadapi Proklim di tingkat desa. "Kami berharap agar proklim di Bangka Belitung semakin maju jaya" ujarnya.
 
Bupati Bangka Tengah, yang diwakili oleh Sekda Bangka Tengah  Sugianto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Namang adalah desa terkenal di Bangka Tengah. Budaya desa ini harus diturunkan ke generasi berikutnya. Klekak pelawan adalah salah satu budaya kita. "Mari kita olah kelak ini sehingga menjadi sumberdaya ekonomi" ujarnya.
 
Pj.Gubernur yang diwakili oleh Edi Ramdhoni (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung) menyampaikan bahwa melalui peresmian kelekak pelawan ini menjadi simbol pelestarian lingkungan. "Mari kita jaga kelestarian kelekak pelawan sehingga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat Desa Namang" ujarnya.