PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian dan Pemkab. Belitung Lakukan Koordinasi Strategi Percepatan Tanam Padi di Kab. Belitung




Belitung- Kamis, 5 September 2024 Kepala BSIP Babel melakukan koordinasi bersama Direktur Pemasaran dan Pengolahan Hasil Hortikultura, Kepala Dinas Pertanian Belitung, dan Penjabat (PJ) Bupati Belitung terkait dengan percepatan tanam padi yang bertujuan untuk meningkatkan produksi padi di wilayah Belitung. Dalam pertemuan ini, dibahas langkah-langkah strategis seperti penyediaan bibit unggul, pengelolaan irigasi yang lebih baik, penggunaan teknologi pertanian modern, dan penyuluhan kepada petani. Kolaborasi ini penting untuk memastikan bahwa program percepatan tanam padi dapat berjalan sesuai target, sekaligus mendukung ketahanan pangan nasional.
Selain itu, kerja sama lintas sektor ini diharapkan dapat mempercepat proses penanaman padi, mengatasi hambatan-hambatan lokal seperti kondisi cuaca, infrastruktur pertanian, dan keterbatasan tenaga kerja. Hasil dari koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan target perluasan tanam Padi di Belitung.
Rencana tindaklanjut dari pertemuan ini yaitu diturunkannya brigade untuk olah lahan dan tanam sesegera mungkin, serta pada minggu ini diagendakan rapat bermasa semua kades dan Bupati untuk mendorong peningkatan realisasi Perluasan Areal Tanam (PAT)